https://trafficmonsoon.com/?ref=ubiboled

Sabtu, 25 Juli 2015

KECAMATAN ARGAPURA

Argapura adalah sebuah kecamatan di Kabupaten MajalengkaProvinsi Jawa BaratIndonesia. Namanya identik dengan nama salah satu Gunung di Papua dan Jawa Timur. Namun sebenarnya tidak memiliki keterkaitan apa-apa. Argapura menurut arti gramatikal, dari kata "Arga" yang berarti Gunung dan "Pura" yang berarti Kota. Jadi bisa diartikan sebagai kota yang berada di daerah Pegunungan. Benar begitu?
Mayoritas daerah di Kecamatan Argapura merupakan kawasan pertanian, perkebunan. Hasil bumi unggulannya adalah bawang daun, padi, boled (ubi ), bawang merah dan sebagainya. Memiliki obyek wisata Curug Muara Jaya yang terletak di Desa Argalingga, yang cukup dikenal oleh masyarakat Majalengka maupun di luar itu. Selain itu, Kebon Pines di daerah yang sama juga sering dijadikan perkemahan. Disini baru memiliki 3 SLTP Negeri tanpa SMA, membuat anak-anak usia sekolah harus melanjutkan pendidikannya ke luar daerah, ke Kecamatan Maja atau Kecamatan Majalengka.
Bila tak memiliki Curug Muara Jaya, sebenarnya tidak ada yang bisa dikenal dari Kecamatan ini. Selain karena dinamika masyarakatnya yang cenderung stagnan, tenggelam oleh hiruk pikuk perekonomian yang bergeser dan berpusat di Kecamatan Maja. Aktivitas di pusat pemerintahan kecamatan yang berada di Desa Sukasari Kidul pun, sejatinya tak berbeda jauh dengan aktivitas di desa-desa lainnya di kecamatan ini. Tak ada inovasi, tak ada kegiatan yang bisa memberdayakan secara optimal potensi pertanian maupun wisata yang telah ada. Semuanya sederhana, apa adanya.
Akses transportasi maupun komunikasi sering dijadikan alasan sebagai penghambat pemberdayaan potensi ini. Hanya saja, hal itu kerap diimbangi dengan sikap acuh tak acuh dari pihak-pihak yang berwenang terhadap berbagai potensi yang sebenarnya ada disana.
Di Kecamatan Argapura terdapat 14 Desa yaitu :
  1. Argalingga
  2. Argamukti
  3. Cibunut
  4. Cikaracak
  5. Gunungwangi
  6. Haurseah
  7. Heubeulisuk
  8. Mekarwangi
  9. Sadasari
  10. Sagara
  11. Sukadana
  12. Sukasari Kaler
  13. Sukasari Kidul
  14. Tejamulya
Di Kecamatan Argapura terdapat banyak tempat wisata alam diantaranya Curug Muara Jaya yang terletak di Desa Argamukti, Disini kita akan menikmati pemandangan air terjun dan alam sekitar yang masih alami ditambah dengan keadaan suhu yang sejuk dan bersih karena terletak di kaki Gunung Ciremai.
Selanjutnya ada tempat untuk bersantai menghilangkan penat kita dan merupakan bumi perkemahan Cipanten yang terletak di Desa Argalingga, di tempat ini kita akan dikelilingi oleh pohon pinus dan ditambah dengan udara yang sejuk dan segar. di tempat ini terdapat sumber mata air yang jernih. Di tempat ini biasa diadakan kegiatan perkemahan.
Image result for pinus argalingga
Selanjutnya wisata Curug Sawer yang terletak di Desa Gunungwangi, namun akses untuk menuju kesana berada di Desa Argalingga. Disini kita akan disuguhi pemandangan air terjun yang masih alami dan keadaan sekitar yang belum banyak di ubah oleh manusia. akses menuju Curug Sawer sangat curam dan belum dikelola oleh pihak manapun.
Image result for curug sawer argapura

Selanjutnya jalur pendakian Gunung Ciremai, Di Argapura terdapat jalur pendakian Gunung Ciremai dari Desa Argamukti atau biasa disebut Jalur Apuy yang merupakan jalur terdekat menuju puncak Ciremai.
Image result for pendakian jalur apuy
Image result for photo gunung ciremai




Tidak ada komentar:

Posting Komentar