https://trafficmonsoon.com/?ref=ubiboled

Sabtu, 25 Juli 2015

SEJARAH DESA SADASARI

ini sekilas tentang sejarah desa sadasari kecamatan argapura kabupaten majalengka,
Setelah menghubungi tokoh Desa para orang tua, Kami menemui pupuhu Desa sejak tahun 1978, menurut para sesepuh Desa Sadasari sebelum tahun 1918 terbagi atas dua Desa:
1.      Desa Gunung Herang
2.      Desa Dukuh Caruy
Dari dua Desa tersebut cerita kami himpun. Dari tahun 1928 kedua Desa tersebut berkali-kali ganti kepemimpinan yaitu pertama dipimpin oleh bapak Sayuti, selanjutnya bapak Madeur, bapak Sapei, bapak Sunati dan bapak Durahim. Karena dulu belum ada peraturan pemerintah yang mengatur pemerintahan desa atau mungkin ada namun kurang diindahkan, akhirnya ada pepatah mengatakan siapa yang kuat dia dianggap bisa memimpin sehingga dalam kurun waktu 34 tahun (1918-1952) terjadi 5 kali perubahan kepemimpinan dan sampai tahun 1952 yang dipimpin oleh bapak Toyib, disini banyak terjadi perubahan sekalipun masa jabatan pemimpin belum ada.
Dari kejadian-kejadian tersebut wajar kalau ada orang tua dulu berinisiatif menyatukan 2 Desa menjadi satu Desa, yaitu Desa Sadasari.

Kalau kita perhatikan kata dari Desa Sadasari,memiliki arti yaitu Sada = Suara, Sari =  Sudah

Arti secara luas dari Desa Sadasari itu :Kalau ada yang berperilaku jelek suka menyebar ke Desa lain.  Begitupun Jika ada masalah kebaikannya juga akan menyebar ke Desa yang lain. Kebaikan Desa Sadasari diantaranya

2.1.2. Keadaan Demografis

Letak dan Luas Wilayah
Desa Sadasari merupakan salah satu dari 14 desa di wilayah Kecamatan Argapura, yg ter letak ,5 Km ke arah Timur dari kota kecamatan. Desa sadasari merupakan desa yang sebagian tanahnya merupakan perbukitan serta sebagian masyarakat banyak yang bertempat tinggal dekat perbukitan yang rawan longsor. Desa Sadasari mempunyai luas wilayah seluas 243 hektar.


Iklim

Iklim Desa Sadasari sebagaimana desa-desa lain di wilayah Indonesia mempunyai iklim kemarau dan penghujan, dan Desa Sadasari merupakan desa yang terletak di kaki Gunung Ciremai dan termasuk desa yang berada di dataran tinggi sehingga suhu udara bisa dikatakan cukup dingin, hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam yang ada di Desa Sadasari Kecamatan Argapura.

1 komentar: